Merawat Hardisk Komputer

Hardisk adalah hardware komputer yang paling sensitive. Apabila terkena goncangan, atau benturan yang keras, hardisk dapat rusak. Saya belum tau apakah ada tempat untuk service hardisk komputer, namun yang jelas lebih baik membeli hardisk komputer yang baru saja. Berikut ini akan saya jelaskan cara merawat hardisk komputer. Cara merawatnya tidak terlalu sulit.
Langsung saja lihat beberapa tips berikut:

1.  CleanUp Hardisk secara berkala. Anda bisa menggunakan aplikasi system tools dari pihak ketiga ataupun dari pihak windows sendiri. Aplikasi pihak ketiga misalnya CCleaner atau Advanced System Care. Sedangkan jika anda hendak menggunakan fasilitas dari windows sendiri caranya yaitu:
- Klik kanan pada Drive yang hendak di bersihkan file-file sampahnya;
- Pilih properties;
- Klik CleanUp. 
Tunggu hingga proses scan berlangsung dan setelah selesai pilih file sampah yang hendak di hapus.

2.  Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kembali hardisk kedalam CPU anda. karena Harddisk sangat sensitif . jika terkena goncangan, maka data-data didalam hardisk bisa jadi hilang.

3.  Berikan ruang kosong sedikit untuk hardisk sekitar kurang lebih 2 GB untuk ruang bernafas hardisk sehingga hardisk tidak terlalu sesak.

4.  Usahakan listrik di rumah anda konstan dan tidak sering terjadi pemadaman. Jika sering terjadi pemadaman listrik pakailah UPS. Fungsi UPS yaitu agar komputer anda tidak mati ketika listrik di tempat anda mati dan selanjutnya anda bisa mematikan komputer itu sendiri dengan cara yang benar.

5.  Matikan komputer dengan benar. Jangan sering matikan komputer dengan paksa seperti menekan tombol reset karena akan berakibat buruk pada hardisk.

6.  Defragment hardisk 1 bulan sekali. Anda bisa memanfaatkan fasilitas Disk Defragment yang di berikan windows tetapi anda juga bisa menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu aplikasi seperti Autologics Disk Defrag.

7.  Uninstal program yang tidak berguna agar tidak memberatkan hardisk.

8.  Gunakan scandisk untuk mengecek apakah ada badsector di dalam hardisk.

9.  Usahakan ventilasi udara dalam PC bagus. Letakkan kipas dengan benar sehingga udara bisa masuk dan kaluar dengan sempurna sehingga panas di dalam PC akan terkurangi.



0 komentar:

Posting Komentar